Friday, November 20, 2015

4 Tips Membuat Siswa Semangat Belajar

Pernahkan Anda mempunyai siswa yang malas belajar? dalam satu kelas pasti dijumpai ada siswa yang malas belajar. Bentuk ekspresi dari malas belajar itu bisa dilihat dari semangatnya yang rendah dalam mengikuti pelajaran. Penyebab siswa tidak semangat dalam belajar sanngat beraneka ragam. Sebagai seorang pendidik kita boleh menyalahkan siswa, tetapi harus diketahui penyebab semangat menurun karena apa. Bisa juga dari siswa itu sendiri dan dari guru karena menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa tidak semangat untuk mengikutinya.

4 Tips Membuat Siswa Semangat Belajar

Sebagai seorang guru harus mampu membuat siswa semangat dalam pembelajaran, supaya siswa mendapatkan hasil yang maksimal dan apa yang menjadi harapan seorang guru. Berikut ini ada 4 Tips Membuat Siswa Semangat Belajar:

1. Guru Harus Tersenyum
Seorang guru hendaklah mampu memberikan senyuman pada saat pembelajaran, karena tersenyum menjadikan seorang guru yang ceria, semangat dan enerjik, sehingga akan menjadi kesan terbaik terhadap siswa sehingga dapat membuat siswa bahagia, senang, dan juga senyum itu akan membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran. Sekarang senyum “sangat mahal”, bagi seorang guru, masuk kelas guru tak pernah senyum, dengan wajah tanpa ekspresi guru mulai mengajar yang mengakibatkan siswa dengan muka tegang menerima pembelajaran.

2. Beri Kepercayaan
Berikan kepercayaan kepada siswa, karena untuk membina suatu hubungan adalah dengan landasan kepercayaan, seorang guru harus percaya dengan muridnya dan sebaliknya, siswa harus mampu percaya dengan dirinya, apabila kedua belah pihak sudah masing-masing percaya maka timbullah keyakinan seorang siswa bahwa saya mampu menerima dan menjalankan pembelajaran hari ini.

3. Beri Tanggung Jawab
Berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan siswa, tanggung jawab identik dengan beban, beban yang ditanggung siswa adalah mampu ia laksananakan bukan beban yang terasa disiswa menjadi siksaan sehingga itulah yang menjadikan kata ”malas”. Apabila siswa bertanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran tanpa beban maka akan timbullah semangat belajar.

4. Beri Kesempatan
Berikan siswa kesempatan untuk berbuat, kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus diberikan kepada siswa dengan diberikan kesempatan siswa mampu mengembangkan kemampuan diri. Tanpa kesempatan yang diberikan tidak mungkin siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu bila kesempatan belum muncul dalam diri siswa seorang guru harus mampu membimbing siswa dalam menciptakan kesempatan, bahkan dalam kesulitan apapun siswa harus diberikan kesempatan untuk menciptakan semangat belajar.


EmoticonEmoticon