Informasi Pendidikan Indonesia

Himpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan Konseling

Data adalah gambaran atau keterangan tentang ada atau keadaan tertentu. Layanan Himpunan Data adalah upaya Konselor untuk menghimpun, digolong-golongkan dan dikemas dalam betuk tertentu.
Himpunan data mencakup semua usaha untuk memperoleh data tentang siswa, menganalisis dan menafsirkan data, serta menyimpan data itu. (Winkel, 2005:253).

Prayitno, dkk (1997) menyatakan, bahwa salah satu di antara tugas guru pembimbing adalah melaksanakan segenap program kegiatan pendukung, sedangkan himpunan data merupakan bagian dari kegiatan pendukung. Kegiatan penyelenggaraan himpunan data menurut Prayitno (2004:18) meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan laporan.

Himpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan KonselingHimpun Data Lebih Mudah Dengan Aplikasi Database Bimbingan Konseling

Himpunan data adalah kegiatan untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan keperluan pengembangan peserta didik. Himpunan data diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematik, komprehensif, terpadu dan sifatnya tertutup. Jadi himpunan data merupakan kegiatan pendukung dalam kegiatan bimbingan konseling yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan laporan.

Seiring berkembanganya teknologi, himpunan data manual menggunakan laporan kertas harus diubah dengan software. Tujuannya untuk mempercepat konselor mengumpulkan data siswa sehingga tidak mengganggu dalam memberikan layanan klasikal dan konseling di Sekolah. Software tersebut bernama Aplikasi Database Bimbingan Konseling.

Aplikasi Database Bimbingan Konseling
 Tampilan Aplikasi Database Bimbingan Konseling

Aplikasi Database Bimbingan Konseling 2
 Aplikasi Database Bimbingan Konseling 2

Aplikasi Database Bimbingan Konseling 3
 Aplikasi Database Bimbingan Konseling 3

Fitur yang terdapat pada aplikasi Himpuan Data Konseling di Sekolah meliputi: data sekolah, data pribadi siswa, data kunjungan rumah, data iQ siswa, data undangan siswa,  data konsultasi siswa, laporan data pribadi siswa, kunjungan rumah, kartu undangan dan lain sebagainya.

Download Software Database Bimbingan Konseling
Google Drive | 4Shared | Mirror Download 

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Indoamaterasu

Teknologi