Monday, November 16, 2015

Inilah Yang Menyebabkan Dana BOS Tidak Cair

Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah dana yang diberikan oleh pemerintah kepada Sekolah wajib belajar sembilan tahun dalam hal ini SD dan SMP untu kbiaya operasi nonpersonalia. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS.

Inilah Yang Menyebabkan Dana BOS Tidak Cair

Bila ada sekolah yang tidak mendapatkan dana BOS dipastikan sekolah tersebut tidak update data Dapodik. Hal ini merupakan himbauan langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan murni menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk intervensi kebijakan, salah satunya penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Oleh karena itu, peran operator sekolah sangat penting.

Baca: Download Petunjuk Teknis (JUKNIS) BOS Tahun 2016

Kemendikbud telah mengirimkan surat edaran kepada sekolah agar memperbarui (update) data Dapodik. Jika tidak melakukannya, sekolah tidak akan menerima dana BOS. Update data Dapodik ini juga terkait data guru yang digunakan untuk penyaluran tunjangan sertifikasi.

"Data yang kami usulkan untuk anggaran BOS 2015 relatif lebih bagus dibandingkan setahun lalu," kata Khamim, Kepala Subdirektorat Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan SMP, di Bandung, Jawa Barat (15/11/15).

Baca: 13 Komponen Pembiayaan Yang Boleh Pakai Dana BOS

Agar semua kebijakan tersebut terus berjalan, Khamim berharap peran operator sekolah terus ditingkatkan. Dengan kualitas data Dapodik yang kian hari semakin baik, kesuksesan program-program unggulan Kemendikbud juga semakin baik pula.


EmoticonEmoticon