Informasi Pendidikan Indonesia

Saturday, November 7, 2015

Panduan Penulisan Gelar Gr (Guru Profesi) Yang Benar

Gelar adalah wujud penghargaan dengan apa yang ia tempuh selama mengikuti studi di perguruan tinggi. Gelar yang dibahas di sini berbeda dengan gelar kehormatan. Gelar Gr adalah gelar yang diberikan kepada guru profesi. Gelar Gr didapatkan melalui pendidikan profesi guru dan bukan melaui porto folio dan PLPG. Maka dari itu inilah yang membedakan kenapa guru yang mempunyai sertifikat pendidik yang didapatkan dari porto folio fan PLPG tidak mendapatkan gelar Gr.

Menurut ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) penulisan gelar ditulis dibelakang nama. Sperti Dini Prihartini, S.Pd, bila menempuh S2 maka akan melebur menjadi Dini Prihartini, M.Pd. Kesalahan kerap kali dilakukan bagi guru yang telah menyandang gelar Gr dengan menuliskan gelar Gr dibelakang gelar S1/ S2, seperti Dini Prihartini, S.Pd, Gr.

Panduan Penulisan Gelar Gr (Guru Profesi) Yang Benar

Bila merujuk pada aturan baru yang tersurat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG), gelar tersebut akan diletakan di belakang nama lengkap guru yang bersangkutan. Misalnya Dini Prihartini, Gr, S.Pd

Gelar atau Titel Gr akan diberikan kepada guru yang telah lulus pada program PPG, yaitu sebuah program yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Lama program ini dihitung berdasarkan beban belajar sesuai dengan pendidikan yang diajar oleh peserta PPG, yang pada akhirnya Lembaga ini berwenang untuk menerbitkan sertifikasi profesi guru. Sampai saat ini yang mendapatkan gelar Guru Profesi (Gr) hanya mereka lulusan program SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terbelakang) dan telah mengikuti pendidikan Profesi Guru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Panduan Penulisan Gelar Gr (Guru Profesi) Yang Benar

0 komentar:

Post a Comment