Monday, November 30, 2015

Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Bagi beberapa siswa, mempelajari materi baru memang seringkali membutuhkan usaha yang lebih. Berbagai kendala muncul menghambat proses penerimaan dan pengajaran. Tidak jarang hal ini membuat siswa merasa frustrasi. Sudah membayar mahal untuk mengikuti kelas bimbingan belajar, namun masih saja tidak mengerti pelajaran yang diajarkan.

Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi dalam mempelajari materi baru atau mengulang pelajaran lama. Bila dilakukan secara konsisten dan kontinyu, maka Anda pasti akan mendapatkan hasil terbaik saat mengikuti kelas bimbingan belajar. Berikut ini 6 metode meningkatkan konsentrasi belajar:

1. Teknik Laba-Laba
Coba perhatikan saat laba-laba merajut rumahnya di sudut ruangan. Ia tampak tidak peduli meski segala keriuhan terjadi di dekatnya. Laba-laba bisa terus merajut benang demi benang menjadi jaringnya. Anda pun bisa belajar berkonsentrasi seperti seekor laba-laba saat merajut jaringnya. Abaikan hal-hal kecil seperti suara pintu yang dibuka tutup, suara kertas atau bunyi kendaraan yang lalu lalang. Arahkan pikiran dan pandangan ke buku pelajaran atau suara tentor. Teknik ini amat bermanfaat bila Anda sedang belajar di ruang kelas bimbingan belajar yang memang jauh lebih riuh daripada kamar pribadi.

2. Belajarlah di Meja Belajar
Kadang-kadang kita tergoda untuk belajar atau mengerjakan tugas sambil tiduran di atas ranjang. Tetapi hal ini justru dapat dengan mudah memecah konsentrasi. Cara paling mudah untuk mempertahankan konsentrasi dan fokus adalah dengan belajar di meja belajar. Tindakan ini membantu otak dan menciptakan pengkodisian bahwa Anda siap belajar. Matikan juga hal-hal yang bisa memecah fokus, seperti smartphone, sosial media, TV atau pun radio.

3. Memilih Musik Instrumentasl
Belajar atau mengerjakan tugas sambil mendengarkan lagu memang bisa menambah semangat. Namun pilihlah lagu instrumental seperti musik klasik atau jazz instrumental. Bila Anda memilih musik dengan lirik, Anda akan cenderung bersenandung mengikut kata-kata dari sang penyanyi. Ini berpotensi memecah konsentrasi dan menyebabkan materi baru semakin sulit ditangkap atau dicerna oleh otak. Pilih juga musik dengan tempo tenang mengalun sehingga membantu menenangkan otak.

4. Kerjakan Satu Hal Pada Satu Waktu Hingga Selesai Sempurna
Jangan tergoda untuk melakukan multitasking seperti mengerjakan PR matematika sambil menonton sinetron kesayangan. Semakin kita fokus pada satu pekerjaan saja, maka otak dapat bekerja maksimal untuk menyerap dan mempelajari materi baru. Bukan hanya itu, dengan fokus kita mengurangi kemungkinan melakukan kesalahan.

5. Intirahat Setiap 30 Menit Sampai 45 Menit
Otak manusia memiliki titik jenuh dalam mengerjakan sesuatu. Ini berarti bila titik jenuh tersebut sudah terlampau, maka tidak pedulis sekeras apa pun Anda mencoba menghapal atau mencerna mata pelajaran tersebut, otak akan menjadi lelah. Cara mengatasinya adalah dengan beristirahat sejenak setiap 30 sampai 45 menit sekali. Cobalah berdiri dan merenggangkan otot atau mengambil segelas air putih. mengunyah camilan juga dapat mengembalikan lagi konsentrasi. Selingan kecil seperti ini dapat memberikan jeda bagi otak sehingga tidak kelelahan. Bila Anda terpaksa mengerjakan sesuatu dalam durasi yang amat panjang, maka jangan ragu untuk tidur sejenak.

6. Pilihlah Waktu Yang Paling Senggang Untuk Belajar
Dalam satu hari Anda pasti memiliki jam-jam paling sibuk. Misalnya harus membantu ibu di dapur, mengasuh adik, membalas email dan lain sebagainya. Pilihlah satu waktu paling senggang dan jadikan itu sebagai waktu belajar. Sehingga meminimalisir kemungkinan ada orang atau anggota keluarga yang meminta bantuan Anda.


EmoticonEmoticon