Wednesday, December 2, 2015

20 Hukum Dasar Fisika Yang Wajib Anda Ketahui

Menurut Wikipedia Indonesia, Fisika adalah ilmu mengenai alam yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya yang mencakup rentang yang luas dari partikel sub atom pembentuk semua materi sampai kelakukan alam semesta sebagai suatu kesatuan kosmos.

Dalam memperlajari Fisika tidak terlepas dengan yang namanya Hukum Fisika. Yang sering kita dengar seperti hukum Archimedes, hukum ohm, dan masih banyak lainnya. Hukum Fisika adalah generalisasi ilmiah berdasarkan pada pengamatan empiris. Hukum fisika merupakan teori yang telah diuji dengan sangat banyak eksperimen, atau dengan kata lain hukum fisika merupakan teori yang telah diyakini kebenarannya.

Isaac Newton

Pernyataan Hukum Fisika biasanya singkat dan bersifat umum dalam menjelaskan perilaku alam. Terkadang pernyataan itu membentuk suatu persamaan atau hubungan, misalnya adalah Hukum II Newton.

Berikut Ini Ada 20 Hukum Dasar Fisika Yang Wajib Anda Ketahui:

1. Hukum Archimedes
Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya.
2. Hukum Avogadro
Pada suhu dan tekanan yang sama, gas-gas yang volumenya sama mengandung jumlah molekul yang sama.
3. Hukum Bernouilli
Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya tinggi lebih kecil daripada di tempat yang kecepatannya lebih rendah.
4. Hukum Boyle
Pada suhu konstan, tekanan gas di dalam ruang tertutup berbanding terbalik dengan volumenya.
5. Hukum Boyle-Gay-Lussac
Pada suhu konstan, tekanan gas di dalam ruang tertutup berbanding terbalik dengan volumenya. Pada tekanan konstan, volume gas berbanding lurus dengan suhunya. Pada volume konstan, tekanan gas berbanding lurus dengan suhunya.
6. Hukum Charles
Pada tekanan konstan, volume gas berbanding lurus dengan suhunya.
7. Hukum Coulomb
Besar gaya tolak-menolak atau tarik-menarik pada suatu benda yang memiliki muatan listrik sebanding dengan hasil kali besar muatan listrik kedua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda tersebut.
8. Hukum Dalton
Jika dua unsur membentuk lebih dari satu senyawa, maka salah satu unsur yang bergabung dengan massa unsur yang lain yang dibuat tetap, berbanding kelipatan bilangan bulat dan sederhana.
9. Hukum Dulong Dan Petit
Kalor jenis dari zat-zat padat adalah 6kalori/grammolekul.
10. Hukum-hukum Faraday
a. Hukum Faraday 1
Jika sebuah penghantar memotong garis-garis gaya dari suatu medan magnetik (flux) yang konstan, maka pada penghantar tersebut akan timbul tegangan induksi.
b. Hukum Faraday 2
Perubahan flux medan magnetik didalam suatu rangkaian bahan penghantar, akan menimbulkan tegangan induksi pada rangkaian tersebut.
11. Hukum Gay Lussac
Pada volume konstan, tekanan gas berbanding lurus dengan suhunya.
12. Hukum Hukum Galilei 
a. Tempo ayunan tidak bergantung dari besarnya amplitudo (jarak ayunan), asal amplitudo tersebut tidak terlalu besar
b. Tempo ayunan tidak bergantung dari beratnya bandulan ayunan
c. Tempo ayunan adalah sebanding-selaras dengan akar dari panjangnya bandulan ayunan
d. Tempo ayunan adalah sebanding-sebalik dengan akar dari percepatan yang disebabkan oleh gaya berat.
13. Hukum-Hukum Kirchhoff
a. Hukum Kirchhoff 1
Arus Total yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut.
b. Hukum Kirchhoff 2
Total Tegangan (beda potensial) pada suatu rangkaian tertutup adalah nol.
14. Hukum Lenz
Arus induksi elektromagnetik dan gaya akan selalu berusaha untuk saling meniadakan (gaya aksi dan reaksi).
15. Hukum-hukum Newton
a. Hukum Newton 1
Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap.
b. Hukum Newton 2
Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya.
c. Hukum Newton 3
Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.
16. Hukum OHM
Besar arus listrik (I) yang mengalir melalui sebuah penghantar atau Konduktor akan berbanding lurus dengan beda potensial/ tegangan (V) yang diterapkan kepadanya dan berbanding terbalik dengan hambatannya (R).
17. Hukum Pascal
Tekanan yang diberikan pada suatu zat cair didalam suatu wadah, akan diteruskan ke segala arah dan sama besar.
18. Hukum-hukum Snellius
a. Hukum Snellius 1
Sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang datar,dan ketiganya saling berpotongan.
b. Hukum Snellius 2
Besar sudut datang sama dengan besar sudut pantul.
19. Hukum Stefan - Boltzmann
Jika suatu benda hitam memancarkan kalor, maka intensitas pemancaran kalor tersebut sebanding-laras dengan pangkat empat dari temperatur absolut.
20. Hukum Wiedemann-Franz
Bagi segala macam logam murni adalah perbandingan antara daya-penghantar-kalor spesifik dan daya penghantar-listrik spesifik suatu bilangan yang konstan, jika temperaturnya sama.


EmoticonEmoticon