Informasi Pendidikan Indonesia

Anatest v4.10 Program Untuk Menganalisa Tes Pilihan Ganda

Anatest adalah program untuk menganalisa tes pilihan ganda. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menganalisis soal-soal pilihan ganda (multiple choice). Dengan Anates Versi 4.10 ini kita bisa memeriksa jawaban soal yang benar dan jawaban soal yang salah dengan praktis dan cepat.

Keunggulan Anatest ini sebagai program analisis butir soal daripada Program Iteman adalah dapat digunakan untuk analisis butir soal bentuk uraian, di samping untuk analisis soal bentuk pilihan ganda. Penggunaan bahasa Indonesia dalam program ini, juga merupa-kan salah satu sisi kemudahan dalam penggunaannya daripada program lain yang menggunakan bahasa Inggris. Hasil analisis tentang skor yang diperoleh setiap testee juga dapat ditransfer ke MsExcel untuk dihitung nilainya, maka saat mendalami program ini agar sekaligus dapat mendalami aplikasi MsExcel. Jika demikian maka pemanfaatan Anates akan menjadi optimal.

Anatest v4.10 Program Untuk Menganalisa Tes Pilihan Ganda

Pada awalnya aplikasi anates yang dikembangkan adalah versi 4 diluncurkan berbasis operating sistem Windows. Karena keterbatasan dan belum mantapnya teori tentang analisis bentuk uraian, maka pengembang membuat program aplikasi Anates versi 4 hanya dapat digunakan untuk menganalisa bentuk soal pilihan ganda saja. Baru pada Anates versi 4.10 yang diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2004 pengembang berhasil membuat Anates yang dapat menganalisis bentuk soal uraian.

Program ini mampu menganalisis butir soal multiple choice dan uraian dengan mudah dan cepat. Kelebihan lainnya adalah program anates sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia.
Anates Versi 4 adalah perangkat lunak yang  khusus dikembangkan untuk menganalis tes pilihan ganda dan uraian.  tetapi seperti yang sudah disampaika anates  versi 4 belum sepenuhnya maksimal dalam penggunaannya, masih ada beberapa yang masih di anggap kurag baik, yaitu dalam hal pegolahan data soal uraian. Anates dirancang agar mudah dipelajari dan mudah digunakan.  Dengan menggunakan Anates, proses analisis tes akan menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.

Download Anatest v4.10

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Indoamaterasu

Teknologi