Informasi Pendidikan Indonesia

Friday, December 11, 2015

Bunyi Hukum Coulomb Dalam Ilmu Fisika

Fisika adalah ilmu mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya; mencakup rentang yang luas dari partikel sub atom pembentuk semua materi sampai kelakukan alam semesta sebagai suatu kesatuan kosmos.

Dalam mempelajari ilmu fisika tidak terlepas dengan namanya hukum, seperti hukum Coulomb, hukum archimedes dan lain sebagainya. Hukum fisika adalah generalisasi ilmiah berdasarkan pada pengamatan empiris. Hukum alam ialah kesimpulan yang diambil dari, atau hipotesis yang ditegaskan oleh eksperimen ilmiah. Penciptaan deskripsi ringkas alam dalam bentuk sejumlah hukum ialah tujuan fundamental sains.

Bunyi Hukum Coulomb Dalam Ilmu Fisika

Sesuai dengan judul artikel di atas, PortalPendidikan.Net tidak membahasa semua hukum fisikia namun yang diambil hukum Coulomb. Ternyata hukum Coulomb mempunyai kesamaan dengan hukum gravitasi Newton. Persamaannya terletak pada perbandingan kuadrat yang terbalik dalam hukum gravitasi Newton. Perbedaannya adalah gaya gravitasi selalu tarik-menarik, sedangkan gaya listrik dapat bersifat tarik-menarik maupun tolak-menolak. Pada dasarnya hukum coulomb menyatakan muatan listrik yang sejenis tolak-menolak, sedangkan muatan listrik tak sejenis tarik-menarik.

Bunyi Hukum Coulomb
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli Fisika Prancis, Charles Augustin Coulomb (1736-1806) disimpulkan bahwa: “besarnya gaya tarikmenarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik (yang kemudian disebut gaya Coulomb) berbanding lurus dengan muatan masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut“.

Pernyataan Charles Augustin Coulomb (1736-1806) yang kemudian dikenal dengan Hukum Coulomb yang dinyatakan dalam persamaan:

Persamaan Hukum Coulomb

Keterangan:
F= gaya tarik-menarik atau tolak-menolak/gaya Coulomb (Newton)
= bilangan konstanta = \frac{1}{4\pi \varepsilon _{0}} = 9. 109N m2/C2
q1, q= muatan listrik pada benda 1 dan benda 2 (Coulomb/C)
= jarak pisah antara kedua benda (m)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bunyi Hukum Coulomb Dalam Ilmu Fisika

0 komentar:

Post a Comment