Monday, December 21, 2015

Cara Mendidik Anak Yang Benar Supaya Tidak Egois

Egois adalah siftat yang lebih mementingkan diri sendiri. Anak yang punya tingkat egoisme tinggi tidak mempedulikan lingkungannya dan lebih fokus dengan apa yang dilakukan. Sifat egois terbentuk dari lingkungan, jadi misalkan Anda punya anak didiklah yang baik supaya tidak egois. Banyak cara yang diterapkan orang tua menjdikan anaknya lebih baik, seperti tips yang diberikan PortalPendidikan.Net berikut ini.

Cara Mendidik Anak Yang Benar Supaya Tidak Egois

4 Tips Mendidik Anak Yang Benar Supaya Tidak Egois:

1. Cinta yang tulus dan batas yang tegas
Cara mendidik anak agar tak menjadi pribadi egois yang pertama adalah menerapkan pola asuh yang benar, yaitu dengan menyayangi mereka menggunakan cinta yang tulus namun tetap memberikan batas yang tegas. Maksudnya, berilah mereka perhatian penuh namun jika anak telah melampaui batas katakan “tidak” dengan tegas (tegas bukan berarti menggunakan kekerasan fisik). Cara mendidik anak seperti ini akan membuat mereka sadar bagaimana mereka harus bersikap untuk mendapat perhatian.

2. Berikan contoh
Cara mendidik anak yang paling baik adalah dengan memberinya contoh konkrit. Sekali kali ajaklah mereka menunjungi perkampungan kumuh, panti asuhan, atau tempat lainnya dan ajarkan kepada mereka cara berbagai dan menyayangi sesama.

3. Memupuk empati
Empati pada anak akan mengikis keegoisan mereka sedikit demi sedikit. Ada berbagai cara untuk menumbuhkan empati pada anak, salah satunya dengan memberinya pemahaman atas rasa syukur. Anda juga menempatkan anak dalam posisi orang lain, misalnya katakan pada anak anda “coba bayangkan, kalau kamu yang terkena musibah dan sedang bingung mencari pertolongan!”. Kata kata seperti ini bisa jadi salah satu cara mendidik anak agar tak egois yang tepat karena dapat membuat anak lebih mudah memahami apa yang dirasakan orang lain.

4. Jangan biarkan anak menjadi pusat perhatian

Perhatian yang terus menerus termasuk dalam cara mendidik anak yang salah. Cara mendidik anak seperti ini justru akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan selalu ingin menang sendiri. Sebaiknya, hanya berikan perhatian atau pujian saat ia berhasil menyelesaikan sesuatu dengan benar. Karena dengan demikian ia akan lebih tahu apa arti menghargai dan bagaimana cara mencapainya.


EmoticonEmoticon