Thursday, December 31, 2015

Hasil UKG Akan Dibagikan Januari 2016

Setelah sukses menyelenggarakan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada bulan September 2015 dan UKG susulan pada bulan Desember 2015, kini saatnya membagikan hasil nilai UKG. Rencananya hasil UKG 2015 akan dibagikan ke Sekolah pada pertengahan Januari 2016.

Bagi rekan guru yang mendapatkan nilai dibawah standar akan diberikan pelatihan. Jadwal pelatihan guru akan diselenggarakan pada bulan Mei 2016. Keterlambatan pembagian hasil nilai ternyata menunggu hasil UKG Offline di beberapa daerah. Sedangkan hasil UKG Online sudah terlebih dahulu diketahui nilainya.

Hasil UKG Akan Dibagikan Januari 2016

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan rata-rata nilai UKG nasional adalah 53,02, sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai guru adalah 55. Selain itu, rata-rata nilai profesional 54,77, sementara nilai rata-rata kompetensi pedagogik 48,94.

Baca: Guru Yang Nilai UKG Dibawah Standar Wajib Ikut Pelatihan

Nantinya masing-masing guru mendapatkan rapor yang berisi data guru serta 10 komponen penilaian. Guru yang wajib ikut pelatihan ditandai warna merah pada komponen penilaian. Menurut Anies Baswedan hasil UKG tidak akan dijadikan sebagai alat hukuman untuk guru. "UKG seperti bercermin. Dari hasil itu akan diperbaiki untuk meningkatkan kinerja guru. Pengembangan pelatihan dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru," kata Anies.


EmoticonEmoticon