Friday, December 18, 2015

Mengenal 5 Macam Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah masalah yang berhubungan dengan tidur yang terjadi berulan-ulang. Sulit tidur, banyak tidur, tidur secara tiba-tiba, dan mimpi buruk bisa dikatakan sebagai gangguan tidur. Tidur adalah fungsi biologis yang dalam berbagai hal tetap misterius. Kita tahu bahwa tidur mrmpunyai fungsi restoratif dan sebagian besar dari kita membutuhkan setidaknya 7 jam atau lebih untuk tidur pada malam hari supaya kita dapat berfungsi dengan baik.

Mengenal 5 Macam Gangguan Tidur

Berikut ini ada 5 gangguan tidur yang berhasil PoralPendidikan.Net rangkum:

1. Dissomnia
Disommnia (dyssomnias) adalah ganguan tidur yang memiliki karakteristik terganggungnya jumlah, kualitas, atau waktu dari tidur. Ada 5 tipe khusus Dissomnia yaitu: Insomnia primer, hipersomnia primer, narkolepsi, gangguan tidur yang berhubungan dengan pernafasan, dan cicadian rhythm sleep disorder (gangguan irama tidur sirkadia).

2. Insomnia
Insomnia berasal dari bahasa latin "in" yang artinya tidak atau tanpa, dan tentu saja "somnus" yang artinya tidur. Insomnia adalah kesulitan untuk tidur, tetap tidur, atau mencapai tidur yang restoratif. Insomnia muncul sewaktu-waktu terutama pada saat kita sedang stress, bukanlah sesuatu yang abnormal.

3. Hipersomnia
Kata "hypersomnia" (hipersomnia) berasal dari bahasa Yunani hyper yang artinya lebih atau lebih dari normal, dan dari bahasa latin "somnus" yang artinya tidur. Hipersomnia primer adalah rasa kantuk yang berlebihan sepanjang hari yang berlangsung selama sebulan atau lebih.

4. Narkolepsi
Narkolepsi berasal dari bahasa Yunani "narke" yang artinya tidak sadar atau pingsan (stupor) dan "lepis" yang artinya serangan. Narkolepsi gangguan tidur yang memiliki ciri episode tidur yang tidak dapat dielakkan dan terjadi secara tiba-tiba. Penderita narkolepsi mengalami serangan tidur dimana mereka mendadak tidur tanpa adanya pertanda pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

5. Parasomnia
Parasomnia adalah perikalu abnormal yang muncul pada saat tidur atau pada ambang batas antara terjaga dan tidur. Contoh gangguan parasomnia adalah mimpi buruk, gangguan teror tidur, dan berjalan sambil tidur.


EmoticonEmoticon