Friday, January 1, 2016

7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Sebelum masuk ke Perguruan Tinggi Swasta  PTS perlu berhati-hati agar tidak salah pilih. Jangan hanya terpaku pada berbagai tawaran PTS. Banyak hal yang harus diperhatikan calon mahasiswa sebelum menentukan PTS. Karena banyak PTS menawarkan janji-janji kepada calon mahasiswa, seperti staf pengajar dari luar negeri, fasilitas, beasiswa sampai iming-iming untuk dicarikan pekerjaan.

7 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Tidak sedikit calon mahasiswa berlomba-lomba masuk ke PTS dengan harapan iming-iming yang ditawarkan bisa jadi kenyataan. Jadi calon mahasiswa harus berhati-hati memilih PTS. Berikut ini tips memilih Perguruan Tinggi Swasta.

1. Akreditasi
Hal yang pertama yang diperlukan untuk memilih PTS adalah status akreditasinya. Untuk PTS yang namanya akreditasi sangat penting. Masyarakat tidak kecewa bila anaknya kuliah di PTS yang memiliki akreditasi bagus. Untuk mengecek status akreditasi PTS bisa dilihat pada http/ban-pt.kemdiknas.go.id.

2. Ijin Operasional
Tidak sedikit perguran tinggi Swasta yang runtuh ditengah jalan yang akhirnya menelantarkan mahasiswanya atau perguruan tinggi tersebut tidak memiliki izin operasional dan tidak terdaftar di Koordinator Perguruan Tinggi wilayah setempat, yang akibatnya ijazah dan lulusan perguruan tinggi tersebut tidak diakui oleh dunia kerja. Jadi sebelum memilih perguruan tinggi swasta yang mana, sebaiknya anda memperhatikan ijin operasional perguruan tingginya.

3. Jenjang Pendidikan Staf Pengajar
Yang penting lagi adalah tentang staf pengajar, sebab di Indonesia setiap dosen harus lulusan pascasarjana setidaknya S2. Hal ini penting untuk menjamin kualitas anda sebagai lulusan dimasa yang akan datang.

4. Biaya
Dalam hal ini anda perlu menanyakan secara detail tentang pembiayaan yang akan menjadi kewajiban anda sebagai mahasiswa selama kuliah, jangan sampai anda diminta membayar sesuatu yang tidak jelas di tengah-tengah masa perkuliahan anda. Dan juga jangan sampai anda mendaftar ke perguruan tinggi swasta yang biayanya tidak sesuai dengan ekonomi orang tua anda. Kan sayang malah berhenti ditengah jalan,lain hal jika sambil kerja.

5. Jurusan
Dalam hal jurusan,anda harus terlebih dahulu mengetahui ketersediaan jurusan yang akan anda pilih nantinya. Jangan sampai dong anda masuk ke perguruan tinggi tetapi jurusan yang anda sukai,tidak tersedia.

6. jumlah Satuan Kredit Semester (SKS)
Karena Pemerintah sudah memberikan kebebasan yang sebesar-besarnya kepada Perguruan Tinggi untuk menyusun kurikulum inti. Dengan kata lain,Pemerintah tidak campur tangan lagi dalam penetapan kurikulum yang berlaku nasional. Sehingga kadang ada saja PTS yang asal-asalan menyusun kurikulum. Contohnya,bisa jadi ada satu program studi S1 menjadi 70 SKS (satuan kredit semester).Padahal untuk mencapai jenjang S1, mahasiswa harus sudah menempuh 144 SKS. Untuk itu anda perlu menanyakannya kepada pihak perguruan tinggi yang akan anda masuki.

7. Sarana dan Prasarana
Sering kali calon mahasiswa atau orang tua sudah merasa cukup dan mengetahui kualitas PT dengan hanya mendengar dari orang lain atau membaca berita. kelengkapan fasilitas yang tersedia di Perguruan Tinggi Swasta yang mau dimasuki penting untuk diketahui. hal ini untuk menjamin kualitas anda sebagai lulusan dimasa yang akan datang


EmoticonEmoticon