Wednesday, January 6, 2016

Inilah 7 Provinsi Yang Mendapatkan Nilai UKG Tertinggi

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilaksanakan pada bulan November - Desember 2015 tahun lalu, hasilnya baru diumumkan awal Januari 2016. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan hasil nilai UKG masih dibawah standar.

Pemerintah menetapkan nilai standar 55, namun rata-rata nasional hanya 53,2 yang artinya di bawah standar. Selain itu, rerata nilai profesional 54,77, sedangkan nilai rata-rata kompetensi pendagogik 48,94," kata Anies Baswedan.

Inilah 7 Provinsi Yang Mendapatkan Nilai UKG Tertinggi

Baca: Hasil UKG Akan Dibagikan Januari 2016

Berdasarkan hasil UKG tahun 2015 yang dipublikasikan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, hanya ada 7 provinsi yang rata-rata nilai UKG-nya di atas target pemerintah, yaitu Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat dan Bangka Belitung.

Rapor hasil UKG secara lengkap untuk masing-masing guru akan dikirim ke sekolah mulai pertengahan Januari 2015. Nantinya guru yang hasil UKGnya jelek mendapatkan rapor merah dan wajib mengikuti pelatihan.

Baca: Guru Yang Nilai UKG Dibawah Standar Wajib Ikut Pelatihan

Rapor UKG yang diberikan berisi tentang data pribadi guru, dan 10 komponen penilaian. Sementara itu 7 Provinsi yang mendapatkan nilai terendah dari peringkat paling bawah adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Sulawesi Selatan.


EmoticonEmoticon