Friday, January 29, 2016

Inilah Surat Edaran MenPAN-RB Yang Memperjelas Tidak Ada Penerimaan CPNS 2016

Masyarakat yang belum diterima menjadi PNS dan yang akan mengikuti CPNS tentunya sangat berharap bahwa di tahun 2016 ini Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) membuka penerimaan CPNS. Hal ini sangat berasalan ditunggu masyarakat karena pada tahun 2015 kemarin tidak ada penerimaan CPNS.

Tentunya mereka mecari informasi melalui media online seperti jejaring sosial dan situs berita lainnya. Banyak yang menginformasikan di tahun 2016 akan diadakan perekrutan CPNS, dan adapula yang mengatakan moratorium CPNS sampai tahun 2019. Banyaknya informasi yang bersebaran di internet membuat masyarakat bingung dan selalu menantinya.

Baca: Benarkah Moratorium CPNS Hingga Tahun 2019 Mendatang??

Yuddy Chrisnandi

Akhirnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menanggapinya dengan mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang sanggahan terkait dengan adanya jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2016. Surat edaran MenPAN-RB bernomor B/501/M.PAN.RB/01/2016 dirilis di laman menpan.go.id.

Surat edaran tersebut sebagai sanggahan terhadap informasi jadwal penerimaan CPNS tahun 2016 yang beredar di media cetak, media online, dan media online. MenPAN-RB menyatakan informasi tersebut tidak benar dan menyesatkan masyarakat. Sampai saat ini, formasi untuk penerimaan CPNS tahun 2016 belum ditetapkan. Masyarakat diminta untuk menunggu sampai dikeluarkannya surat resmi mengenai rekrutmen CPNS dari MenPAN-RB.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Kementerian PAN-RB meminta kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian. khususnya para Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk menginformasikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing mengenai ketidak benaran penjadwalan penerimaan CPNS dimaksud", yang PortalPendidikan.Net kutip dari Surat Edaran MenPAN-RB tertanggal 27 Januari 2016.

Perlu diketahui, sejak tahun 2014 pemerintah telah mengembangkan sistem seleksi CPNS dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Dengan sistem ini, dalam pelaksanaan seleksi CPNS tidak ada pihak manapun yang dapat membantu kelulusan peserta, apalagi tanpa mengikuti seleksi akan diterbitkan Surat Keputusan (SK) penggangkatan sebagai CPNS. Berikut dokumen surat edaran tersebut.

Surat edaran MenPAN-RB bernomor B/501/M.PAN.RB/01/2016

Download surat edaran MenPAN-RB bernomor B/501/M.PAN.RB/01/2016
Dropbox | 4Shared | External Link


EmoticonEmoticon