Informasi Pendidikan Indonesia

Saturday, January 2, 2016

Tahukah Anda Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

Pernahkan Anda berfikir dan bertanya kepana air laut rasanya asin? sampai air laut sebagai bahan dasar pembuatan garam yang terbukti keasinannya. Kita menyelam dilaut aja rasanya lengket di kulit dan di mata pedih, itu karena asinnya air laut. Lalu dari mana datangnya asin pada air laut? kenapa air laut rasanya bisa asin? untuk menjawabnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.


Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa bumi memiliki kandungan garam mineral yang terdapat di dalam tanah dan bebatuan. Garam tersebut kemudian mengalir ke laut bersamaan dengan aliran air yang berasal dari sungai. Semakin lama, garam yang terkandung di dalam air tersebut mengendap di lautan dan samudera. Selain itu, penguapan air laut yang terjadi juga mengakibatkan kandungan garam di laut atau samudera tidak ikut menguap sehingga air laut rasanya menjadi asin.

Sementara itu, kandungan garam dalam air sungai tidak terlalu banyak sehingga Anda masih bisa merasakan air sungai yang tawar. Berbeda dengan air laut yang memiliki kandungan garam yang sudah menumpuk. Panasnya wilayah pantai dan laut juga merupakan penyebab mengapa air laut rasanya asin. Dengan air laut yang asin itulah maka kita bisa memperoleh garam yang biasa digunakan ibu untuk memasak. Sekarang sudah tahu kan mengapa air laut rasanya asin?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tahukah Anda Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

0 komentar:

Post a Comment