Informasi Pendidikan Indonesia

6 Mitos Keliru Tentang Teori Evolusi

Teori Evolusi adalah perubahan makhluk hidup secara bertahap dan membutuhkan waktu yang lama dari bentuk yang sederhana, menjadi bentuk yang lebih kompleks. Diperlukan waktu jutaan tahun agar perubahan tersebut nampak lebih jelas.

Teori Evolusi merupakan kajian biologi yang berbicara tentang perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses variasi, reproduksi, dan seleksi.

Beikut Ini 6 Mitos Keliru Tentang Teori Evolusi:

1. Manusia Adalah Keturunan Monyet
Salah, Darwin dan evolusionis lain tak pernah mengatakan bahwa manusia adalah keturunan monyet. Kesalahpahaman ini muncul karena anggapan yang salah terkait fosil manusia purba. Manusia memang diklasifikan sebagai kerabat dekat dengan keluarga kera besar namun mengenai moyang manusia belum diketahui secara pasti. Anggapan ini menjadi semakin salah kaprah karena sering dikutip dalam propaganda anti teori evolusi.

Benar, primata (termasuk monyet) merupakan makhluk hidup yangg paling dekat kekerabatannya (dalam hal morfologi dan genetika) dengan manusia. Namun bukan berarti ini menjadi bukti bahwa manusia berasal dari kera.


Gambar di atas sering menimbulkan miskonsepsi, seolah-olah terjadi perubahan instan dari kera hingga menjadi manusia modern. Gambar yang lebih bisa menjelaskan hubungan manusia dan primata lain adalah seperti di bawah ini.


Dari gambar di atas bisa terlihat percabangan evolusi dari makhluk purba yang menurunkan beberapa keturunan yang berbeda. Manusia dan primata lain yang hidup saat ini serta beberapa yang sudah punah adalah keturunan dari suatu makhluk hidup (shared common ancestor) di masa lampau yang masih belum diketahui bentuknya sampai saat ini.

Note: kera dan monyet dalam pengertian biologi adalah dua makhluk hidup yang berbeda. Cara paling gampang membedakannya adalah kera tak berekor sedangkan monyet berekor.

2. Teori Evolusi Adalah Teori Yang Tidak Ilmiah
Salah, sampai saat ini teori evolusi menjadi satu-satunya teori ilmiah yang menjelaskan asal usul keragaman makhluk hidup (origin of species). Ilmiah karena disusun atas prosedur ilmiah dan telah teruji oleh ilmuwan diseluruh dunia dari berbagai bidang terkait, seperti geologi (sejarah bumi), teori tentang asal usul kehidupan di bumi, serta ilmu turunan dari t.evolusi seperti genetika dan anthrpologi fisik.


3. Teori Evolusi Menentang Klaim Agama Yang Menyatakan Bahwa Adam Adalah Manusia Pertama di Bumi
Salah, teori evolusi tidak membahas hal tersebut. Evolusionis tidak peduli apakah manusia pertama itu bernama Adam atau bukan. Evolusionis hanya peduli kapan dan dimana manusia modern seperti kita sekarang pertama kali muncul di bumi.

4. Konon Teori Evolusi Menafikan Keberadaan Tuhan (Atheis). Benarkah Ini?
Tidak mesti begitu. Bisa jadi Tuhan menciptakan mekanisme evolusi sebagai cara menciptakan berbagai jenis makhluk hidup. Teori evolusi hanya membantah penafsiran bahwa Tuhan menciptakan beraneka ragam makhluk hidup secara langsung. Ingat, yang dibantah adalah penafsiran penciptaan makhluk hidup, bukan bantahan terhadap keberadaan Tuhan.

5. Teori Evolusi Membahas Asal-Usul Terbentuknya Makhluk Hidup
Setengah Salah setengah Benar, bidang ilmu yang fokus pada terbentuknya asal usul makhluk hidup adalah teori abiogenesis modern sebagai pengembangan dari teori abiogenesis. Teori evolusi lebih fokus pada bagaimana keragaman makhluk hidup terbentuk setelah makhluk hidup pertama muncul di bumi.

6. Teori Evolusi Menginspirasi Hitler Untuk Mengumadangkan Superioritas Ras Arya
Bisa jadi, tapi jangan salah kaprah. Teori evolusi sama seperti teori ilmiah yang lain, netral. Bergantung pada manusia yang memanfaatkan teori tersebut. Lagipula Hitler adalah penganut Kristen yang taat yang menganggap bahwa Tuhan menciptakan semua makhluk hidup secara langsung, bukan melalui proses evolusi.

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Indoamaterasu

Teknologi