Saturday, March 19, 2016

Mengenal Fungsi Jantung dan Pengertiannya

Jantung adalah otot organ pada manusia dan hewan lainnya, yang memompa darah melalui pembuluh darah dari sistem peredaran darah. Darah memberikan tubuh dengan oksigen dan nutrisi, dan juga membantu dalam penghapusan limbah metabolik yang jantung terletak di kompartemen tengah mediastinum di dada.

Pada manusia, mamalia, dan burung, jantung dibagi menjadi empat ruang yaitu kiri atas dan kanan atrium dan menurunkan kiri dan kanan ventrikel. Umumnya atrium kanan dan ventrikel disebut bersama-sama sebagai jantung kanan dan rekan-rekan kiri mereka sebagai jantung kiri. Ikan berbeda memiliki dua kamar, atrium dan ventrikel, sedangkan reptil memiliki tiga ruang. dalam darah jantung yang sehat mengalir satu arah melalui hati karena katup jantung, yang mencegah aliran balik. jantung tertutup dalam kantung pelindung, perikardium, yang juga berisi kecil jumlah cairan. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu epikardium, miokardium, dan endokardium.


Jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Darah rendah oksigen dari sirkulasi sistemik memasuki atrium kanan dari superior dan rendah vena kava dan lolos ke ventrikel kanan. Dari sini dipompa ke sirkulasi paru-paru, melalui paru-paru di mana ia menerima oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Darah beroksigen kemudian kembali ke atrium kiri, melewati ventrikel kiri dan dipompa keluar melalui aorta untuk sirkulasi-mana oksigen yang digunakan dan sistemik dimetabolisme untuk karbon dioksida. Nutrisi selain darah membawa dari saluran pencernaan ke berbagai organ tubuh, sementara mengangkut sampah ke hati dan ginjal.

Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah yang berfungsi sebagai alat pemompa darah keseluruh tubuh. Jantung terletak di rongga dada kiri. Besarnya lebih kurang satu kepalan tangan. Berat jantung orang dewasa sekitar 300 gram. Jantung terdiri atas empat ruangan yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Di antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup dua daun. Katup itu menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke serambi ketika bilik berkontraksi untuk mengangkat darah keluar jantung.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya, jantung manusia  fungsi bagian jantung penjelasan tentang jantung, fungsi organ jantung, sebutkan bagian bagian jantung, fungsi bagian bagian jantung, fungsi aorta pada jantung, fungsi serambi kiri. Pada perbatasan jantung dan pembuluh nadi terdapat katup dengan 3 Daun berbentuk bulat Sabit. Katup ini berfungsi menjaga agar darah dalam pembuluh nadi tidak kembali ke jantung. Di antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup tiga daun.

Dinding jantung terdiri atas otot jantung. Dinding bilik jantung, terutama bilik kiri, lebih tebal daripada dinding serambi jantung. Hal ini disebabkan bilik kiri terus memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Darah dapat mengalir sampai ke seluruh tubuh karena otot jantung berkontraksi dengan cara mengembangkan dan mengempiskan bagian-bagian jantung.

Keadaan pada waktu Otot bilik jantung berkontraksi disebut dengan sistole. Akibat kontraksi ini, ruangan bilik menyempit, tekanan bilik naik, dan darah mengalir ke pembuluh nadi. Tekanan tertinggi dalam ruangan jantung sebagai akibat kontraksi otot bilik jantung disebut dengan tekanan sistole. Apabila otot dinding jantung relaksasi, volume rongga jantung membesar. Hal itu menyebabkan tekanan dalam jantung mengecil sehingga darah masuk ke jantung. tekanan terendah didalam jantung ketika otot dinding jantung mengendur disebut dengan tekanan diastole. Alat untuk mengukur tekanan darah disebut dengan tensimeter.

Adanya kontraksi dan relaksasi otot jantung menimbulkan denyut jantung dan denyut nadi dapat kita rasakan dari bagian tubuh tertentu. misalnya, pergelangan tangan, lekukan tangan dan leher. Pada orang dewasa yang sedang beristirahat jantung berdenyut peraturan 70 kali setiap menit. Jantung berdenyut lebih cepat pada saat kita melakukan aktivitas jasmani dan olahraga. Bahkan denyut jantung bisa mencapai 100 kali setiap menit.

Biasanya dengan masing-masing detak jantung ventrikel kanan memompa jumlah yang sama dari darah ke paru-paru sebagai ventrikel kiri memompa tubuh. Vena darah transportasi ke jantung dan membawa darah terdeoksigenasi-kecuali untuk paru dan pembuluh darah Portal. Arteri darah transportasi jauh dari jantung, dan terlepas dari arteri pulmonalis terus darah beroksigen. Jarak mereka meningkat dari penyebab jantung pembuluh darah memiliki lebih rendah tekanan dari arteri. Kontrak jantung pada istirahat tingkat dekat dengan 72 denyut per menit. Latihan sementara meningkatkan tingkat, tetapi menurunkan denyut jantung istirahat di jangka panjang, dan baik untuk kesehatan jantung.

Penyakit Kardiovaskular (CVD) adalah penyebab paling umum kematian global pada 2008, akuntansi untuk 30% dari kematian Dari lebih dari tiga perempat ini mengikuti penyakit arteri koroner dan stroke yang. Faktor risiko meliputi merokok, menjadi kelebihan berat badan, olahraga ringan, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kurang terkontrol diabetes, antara lain. Diagnosis CVD sering dilakukan oleh mendengarkan dengan hati-suara dengan stetoskop, EKG atau dengan USG. Spesialis yang fokus pada penyakit jantung yang disebut ahli jantung, meskipun banyak spesialisasi kedokteran mungkin terlibat dalam pengobatan.​


EmoticonEmoticon