Informasi Pendidikan Indonesia

Wednesday, April 13, 2016

Jadwal dan Syarat Pendaftaran SBMPTN Online 2016

Bagi adik-adik kelas 3 SMA/ MA/ SMK/ Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), berikut ini PortalPendidikan.Net memberikan informasi jadwal pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online sesuai petunjuk yang diberikan oleh sbmptn.ac.id. Pendafataran dimulai 25 April 2016, merupakan awal pendaftaran SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Siswa lulusan sekolah menengah seluruh Indonesia yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat segera mendaftar di SBMPTN secara online. Sesuai Permenristekdikti Nomor No 2 Tahun 2015, bahwa pola penerimaan mahasiwa baru program sarjana pada PTN akan ada 3 jalur yang meliputi, SNMPTN 40 persen, SBMPTN 30 persen, dan Ujian Mandiri (UM) 30 persen.


Dalam pelaksanaan SBMPTN nanti, proses seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C. Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. Bagaimana cara mendaftar SBMPTN secara online serta persyaratan pendaftarannya ? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Bagaimana cara mendaftar SBMPTN secara online serta persyaratan pendaftarannya ? Nah sebelum menyimak secara rinci penjelasan tentang bagaimana cara mendaftar SBMPTN serta persyaratannya, ada baiknya anda lihat dulu Jadwal Lengkap SBMPTN 2016 dibawah ini.

Syarat Pendaftaran:
1. Bagi siswa lulusan tahun 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah
2. Bagi siswa lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah
3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Waktu Pendaftaran:
1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman pendaftaran.sbmptn.ac.id
2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 18 April 2016
3. Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jadwal dan Syarat Pendaftaran SBMPTN Online 2016

0 komentar:

Post a Comment