Informasi Pendidikan Indonesia

Syarat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lewat Jalur Umum

Cara mendapatkan sertifikat pendidik (sertifikasi guru) sebenarnya melalui dua jalur yaitu Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Lama waktu yang ditempuh selama mengikuti PPG berbeda dengan PLPG. 1 tahun untuk Pendidikan Profesi Guru dimana 6 bulan pendalaman materi Workshop dan 6 bulan praktik di Sekolah, sedangkan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru hanya 8-9 saja.

Baca: Pendaftaran Seleksi Program PPG Bersubsidi 2017

Meskipun sama-sama mendapatkan sertifikat pendidik, guru yang mengikuti PPG akan mendapatkan gelar .Gr (Guru Profesi) yang ditulis dibelakang nama pemilik. Sedangkan guru yang mengikuti PLPG hanya mendapatkan sertifikan pendidik tanpa gelar.


Cara mengikuti Pendidikan Sertifikasi Guru (PPG) melalui 2 cara yaitu PPG SM-3T dan PPG Jalur Umum. PPG SM-3T ditujukan bagi alumni sarjana pendidikan yang baru lulus untuk mengajar di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) selama 1 tahun. Setelah mengabdi di daerah 3T mereka mendapatkan beasiswa PPG selama 1 tahun penuh. Masalah makanan, uang buku, dan asrama ditanggung oleh masing-masing LPTK penyelenggara.

PPG SM-3T angkatan pertama dimulai tahun 2013 yang lalu. Bisa dikatakan PPG-SM3T adalah PPG pra jabatan. Untuk jalur umum PPG akan dibuka mulai tahun 2016 ini dengan beberapa syarat yang telah ditentukan LPTK penyelenggara.

Baca: Syarat Mengikuti PLPG Sertifikasi Guru 2017

Semua guru calon peserta sertifikasi guru melalui PPG yang telah memenuhi persyaratan administrasi diikutkan dalam seleksi akademik berbasis data hasil uji kompetensi guru (UKG). Sertifikasi guru melalui PPG ini bagi guru yang diangkat setelah 2005.

Guru harus membayar sendiri biaya sertifikasi guru melalui PPG. Biaya sertifikasi yang harus dibayar guru berdasarkan taksiran kalangan perguruan tinggi adalah Rp 7 juta per semester. Bagi guru TK dan SD biaya proses sertifikasi sekitar Rp 7 juta. Durasi sertifikasi untuk guru TK dan SD adalah satu semester.

Baca: Cara Melihat Calon Sertifikasi Guru Tahun 2017, Berikut Ini Caranya

Proses sertifikasi tetap dilaksanakan di kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Berdasarkan data guru pada sistem NUPTK, masih ada sekitar 500 ribu guru dalam jabatan yang belum memiliki sertifikat pendidik. Setelah memiliki sertifikat pendidik akan diberikan tunjangan profesi guru (TPG).

Syarat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lewat Jalur Umum:
1. Guru di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik
2. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki ijin penyelenggaraan
4. Memiliki status sebagai guru tetap dibuktikan dengan Surat Keputusan sebagai Guru PNS/Guru Tetap (GT)
5. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar
6. Memenuhi skor minimal UKG yang ditetapkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) yaitu minimal 55
7. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.

Download Syarat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lewat Jalur Umum

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish