Thursday, July 28, 2016

Menteri PAN-RB Ganti Asman Abnur, Adakah Harapan Rekrutmen CPNS?

Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau yang disingkat Kemenpan-RB yang sebelumnya dipimpin Yuddy Crisnandi kini diganti oleh Asman Abnur. Menpan-RB merupakan salah satu menteri yang terkena reshufle Kabinet Kerja tahap II.

Selain intu menteri Pendidikan Nasional, Anies Baswedan juga diganti oleh Prof. Muhadjir Effendy. Keduanya berperan menentukan arah pendidikan yang lebih baik lagi terutama rekrutmen CPNS bagi daerah yang kekurangan guru.


Kemenpan-RB selama dipimpin Yuddy Crisnandi belum ada wacana rekrutmen CPNS, teakhir pada zamannya pak SBY dengan menterinya Azwar Abubakar tahun 2014 ada rekrutmen CPNS. Yang jadi pertanyaan, Adakah harapan baru bagi pemegang ijazah S1 Kependidikan untuk ikut seleksi CPNS Nasional?

Faktanya alumni S1 Kependidikan berbanding terbalik dengan serapan tenaga guru, sehingga banyak dari mereka yang jadi pengangguran dan alih profesi. Sebenarnya kebutuhan guru di tiap daerah masih kurang, sehingga sekolah mengangkat Guru Tidak Tetap dengan sistem kontrak. Semoga Kemenpan-RB di bawah pimpinan Asman Abnur ada secerah harapan untuk rekrutmen CPNS Nasional.

Baca: Menteri Pendidikan Nasional Prof. Muhadjir Effendy, Apakah K13 Berubah Lagi?

Tentu supaya terwujud wacana rekrutmen CPNS, Kemenpa-RB harus bersinergi dengan DPR sebagai penyedia anggaran pendidikan. Menpan-RB bisa saja mengusulkan rekrutmen CPNS, namun bila DPR tidak menyetujuinya makan tak akan terlaksanan. Jadi kuncinya ada dua yaitu DPR dan Menpan-RB.


EmoticonEmoticon