Thursday, July 21, 2016

Pergantian MOS Menjadi PLS Mulai Tahun Ajaran Baru 2016-2017

Masa Orientasi Siswa atau yang disingkat MOS ditahun ajaran baru 2016-2017 ini diganti dengan nama PLS. MOS dengan PLS sejatinya adalah sama cuma beda istilah dan sebutan saja. Keduanya sama-sama mengenalkan lingkungan sekolah.

PLS merupakan kependekan dari Pengenalan Lingkungan Sekolah. Orientasi artinya juga mengenalkan. Tujuan pelaksanaan PLS supaya siswa baru yang masuk di sekolah baru tahu seluk-beluk sekolah, sehingga tidak kebingungan lagi ketika Kegiatan Belajar Mengajar Dimulai.


Pengenalan Lingkungan Sekolah meliputi sarana dan prasarana sekolah, pengenalan guru mata pelajaran, pengenalan mata pelajaran baru, dan pengenalan kurikulum baru. Selain itu Pengenalan Lingkungan Sekolah juga mencakup tata tertib sekolah.

Sekolah yang melaksanakan PLS berlebihan kepada siswa baru, kepala sekolahnya akan dipanggil. Informasi ini dikeluarkan langsung oleh menteri pendidikan Anies Baswedan. Aturan baru pelaksanaan PLS harus dilaksanakan oleh guru, bukan OSIS seperti MOS tahun yang lalu. Hal ini untuk menghindari kekerasan/ ploncoan yang dilakukan anggota OSIS.

Semoga penggunaan istilah baru dalam pengenalan lingkungan sekolah membawa dampak positif bagi siswa baru. Istilah baru (PLS) harus ada perubahan baru, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon