Informasi Pendidikan Indonesia

Mengenal 5 Lapisan Atmosfer Yang Wajib Anda Pahami

Atmosfer yaitu selimut gas yang menyelubungi sebuah planet, khususnya planet bumi. Atmosfer mengitari sebuah planet dengan lapisan yang sangat tebal, bahkan jaraknya hingga ribuan kilometer dari planet tersebut ke atas atau ke luar angkasa.

Setiap planet memiliki atmosfer yang beraneka ragam. Planet bumi sendiri memiliki atmosfer dengan ketebalan kurang lebih sekitar 1000 kilo meter dari permukaan bumi. Atmosfer terdiri dari beraneka ragam gas. Gas tersebut adalah nitrogen (sebesar 78%), O (sebesar 21%), argon (sebesar 0,9%), CO2 (sebesar 0,03%) dan uap air, krypton, neon, xinon, hidrogen, kalium serta ozon (sebesar 0,07%).

Mengenal 5 Lapisan Atmosfer Yang Wajib Anda Pahami

# Kegunaan dan Fungsi Atmosfer
Kegunaan/ Manfaat Atmosfer:
  1. Mengamankan bumi dari bermacam-macam benda luar angkasa yang jatuh ke bumi dikarenakan terkena gaya gravitasi bumi
  2. -Mengamankan bumi dari sinar ultraviolet yang sangat berbahaya, untuk kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi dengan lapisan ozon
  3. Terdiri dari bemacam-macam gas yang dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bernafas serta untuk keperluan yang lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, dan lain-lain
  4. Media cuaca yang mempengaruhi angin, awan, salju, hujan, topan, badai dan lain sebagainya.
Fungsi Atmosfer:
Fungsi atmosfer salah satunya yaitu untuk mengatur proses penerimaan panas dari matahari, ialah dengan cara menyerap serta merefleksikan panas yang dipancarkan matahari. Sekitar sebesar 34% panas matahari dipantulkan kembali ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukan bumi, lalu sekitar 19% diserap atmosfer dan awan, dan selanjutnya sekitar 47% lagi masuk ke permukaan bumi.

# Lapisan-Lapisan Atmosfer Secara Universal
1. Troposfer 
Troposfer ialah, Lapisan ini masih memungkinkan manusia untuk bernafas secara bebas. Di lapisan ini perubahan cuaca dan perubahan musim terjadi. Lapisan ini juga merupakan lapisan atmosfer yang terdapat atau mengandung uap air dan karbondioksida terbanyak apabila dibandingkan dengan lapisan yang lainnya.

Lapisan ini terdiri dari lapisan:
  1. Lapisan planetair 0-1 km
  2. Lapisan Konveksi 1-8 km
  3. Lapisan tropopause 8-12 km
  4. Di lapisan tropopause kegiatan udara secara vertikal (konveksi) terhenti dan merupakan lapisan pembatas dengan lapisan stratosfer.
2. Stratosfer 
Stratosfer ialah, lapisan ini mempunyai suhu lebih dingin dan ditempati oleh lapisan ozon, lapisan ini berguna sebagai tirai pelindung dari sinar ultraviolet yang sangat membahayakan, yang bersumber atau berasal dari matahari. Lapisan ozon inilah yang akan rusak apabila manusia malakukan aktivitas dengan menggunakan bahan kimia.

Lapisan ini terdiri dari lapisan:
  1. Lapisan isotherm
  2. Lapisan panas
  3. Lapisan campuran atas.
3. Mesosfer 
Mesosfer merupakan, lapisan ini terletak di atas lapisan Stratosfer pada ketinggian 50 km sampai dengan 75 km. Seperti pada lapisan troposfer, di lapisan ini juga terjadi penurunan suhu setiap bertambahnya ketinggian.

Tapi, penurunan suhu di lapisan ini yaitu 0,4 ° C setiap bertambahnya ketinggian 100 meter. Pada Mesosfer permukaan suhu berkisar antara 10 ° C, sedangkan di puncaknya bersuhu -120 ° C. Di lapisan inilah sebagian besar meteor hangus dan terurai.

Ciri-ciri:
  1. Ketinggian lapisan ini diperkirakan antara 50 km sampai 80 km, dpl
  2. Di lapisan ini suhu udara tidak stabil pada bagian bawah suhu udara tinggi, Akan tetapi semakin naik menjadi semakin menurun ke minimum (-140 ° C )setelah mendekati lapisan mesopause.
4. Mesopause
Mesopause yaitu batas antara lapisan Mesosfer dan juga lapisan Thermosfer yang mempunyai suhu sekitar -100 ° C. 4. Termosfer (ionosfer) ialah, Lapisan termosfer ini dikatakan juga dengan lapisan ionosfer. Pada lapisan ini terjadinya ionisasi atom-atom yang dapat memberikan efek pada perambatan atau refleksi gelombang radio, baik itu gelombang panjang maupun gelombang pendek.

Ciri-cirinya:
  1. Di lapisan ini terjadi ionisasi atom-atom udara oleh radiasi sinar X dan juga sinar utraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari
  2. Lapisan ini terletak pada ketinggian antar 80 km sampai dengan 375 km.
5. Eksosfer
Eksosfer ialah, pada lapisan ini terjadinya gerakan partikel-partikel secara acak. Lapisan ini juga merupakan lapisan sangat panas dan molekul udara dapat meninggalkan atmosfer sampai dengan ketinggian 3.150 kilo meter dari permukaan bumi. Lapisan ini sering disebut juga dengan ruang antar planet dan geostasioner. Lapisan ini sangatlah berbahaya, sebab merupakan tempat terjadi kehancuran meteor atau benda dari angkasa.

Ciri-cirinya:
  1. - Lapisan ini berada di ketinggian antara 500 km s/d 1000 km
  2. - Pada lapisan eksosfer ini suhunya bisa mencapai 2.200 ° C
  3. - Dan merupakan lapisan terluar dari atmosfer.

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Indoamaterasu

Teknologi