Saturday, January 28, 2017

Nantinya SNM PTN Pakai Tiga Mapel Unas, Lebih Mudah

Seperti tahun sebelumnya, penilaian seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2017 tidak hanya berbasis pada nilai rapor dan rekam prestasi akademik. Namun juga melihat prestasi siswa dari nilai unas. Namun karena Kemendikbud mengepras jumlah mapel unas, maka ada penyesuaian dalam SNM PTN.

Dalam Unas 2017 Kemendikbud mengurangi mapel unas dari biasanya enam mapel menjadi empat mapel. Tiga mapel statusnya mapel utama, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan matematika. Sementara satu mapel lainnya adalah pilihan dari tiga mapel sesuai jurusan.


Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam menjelaskan sudah berkoordinasi dengan jajaran panitia SNM PTN 2017 serta Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Intan Ahmad. Dalam pertemuan itu dibahas skenario pemanfaatan nilai unas sebagai pertimbangan kelulusan SNM PTN.

Di dalam pertemuan itu, saya jelaskan pertimbangan SNM PTN bisa menggunakan tiga mapel utama unas, kata Nizam kemarin. Dia berharap jajaran panitia SNM PTN dan Kemenristekdikti sudah paham dan dapat menerima usulan Kemendikbud itu.  Guru besar Fakultas Teknik UGM itu mengatakan meskipun penilaian SNM PTN menggunakan tiga mapel utama, bukan berarti satu mapel pilihan tidak bisa dimanfaatkan.

Nizam menjelaskan kampus bisa melihat skor hasil unas satu mapel pilihan untuk meyakini bahwa siswa menguasai bidang tertentu. Misalnya untuk anak jurusan IPS, bisa dilihat seberapa tinggi penguasaan biologi, fisika, atau kimia. Namun Nizam menegaskan keputusan pemanfaatan nilai unas sebagai kelulusan SNM PTN tidak ada di tangan Kemendikbud.

Keputusan penerimaan SNM PTN tetap dikembalikan kepada masing-masing rektor, jelasnya. Yang terpenting Kemendikbud sudah menyampaikan usulan skenario pemanfaatan nilai unas sebagai pertimbangan kelulusan SNM PTN. Sementara itu dari jajaran panitia SNM PTN 2017 belum menentukan sikap terkait usulan Kemendikbud itu.

Ketua SNM PTN 2017 Ravik Karsidi menjelaskan, sampai sekarang belum ada keputusan resmi dari para rektor. Meskipun begitu dia mengakui sudah ada pembahasan dengan Kemendikbud terkait pemanfaatan nilai unas sebagai pertimbangan SNM PTN.  Sikap berat dari kalangan perguruan tinggi memasukkan nilai Unas 2017 sebagai pertimbangan SNM PTN cukup wajar.

Sebab nilai unas tahun ini tidak menggambarkan kompetensi utuh siswa sesuai jurusan masing-masing. Sebab anak jurusan IPA, IPS, maupun bahasa hanya menjalani satu mapel sesuai penjurusan saat unas.

Jadwal SNM PTN 2017:
1. Pengisian PDSS 14 Januari-10 Februari
2. Verifikasi PDSS 15 Januari-12 Februari
3. Pendaftaran SNM PTN 21 Februari-6 Maret
4. Pencetakan kartu peserta 14 Maret-14 April
5. Proses seleksi 15 Maret-15 April
6. Pengumuman hasil 26 April.

Sumber: jpnn.com


EmoticonEmoticon