Tuesday, March 21, 2017

Aplikasi RKAS SD 2017 Untuk Mendapatkan Dana BOS

Aplikasi RKAS SD adalah aplikasi yang dibuat untuk menyusun rencana kegiatan dan anggaran sekolah. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan rencana kerja sekolah atau rencana jangka menengah yang disusun dalam 4 tahunan serta rencana kerja tahunan (RKTS). RKAS sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2017.

Untuk memperlancar pemenuhan persyaratan RKAS jenjang Sekolah Dasar (SD) untuk mendapatkan dana BOS pemerintah sudah menyediakan aplikasi. Dengan aplikasi RKAS terbaru ini akan memudahkan bagi lembaga pendidikan untuk memenuhi persyaratan tersebut sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) BOS tahun 2017.


RKAS harus didasarkan pada hasil evaluasi dari sekolah. RKS, Rencana Jangka Menengah, RKTS, dan RKAS harus disetujui melalui rapat dewan pendidikan setelah mendapatkan pertimbangan Komite Sekolah. Kemudian disahkan melalui SKPD Pendidikan Kabupaten atau Kota bagi sekolah negeri atau yayasan bagi sekolah swasta.

Karena aplikasi ini bersifat konvensional memanfaatkan excel sehingga mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga secara otomatis akan berintegrasi dengan ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah).

Setelah memiliki aplikasi RKAS tersebut, tidak ada alasan untuk tidak mengajukkan dan mendapatkan dana BOS karena kesulitan dalam menyusun RKAS yang menjadi persyaratan memperoleh dana BOS. Daftar isi Aplikasi RKAS BOS 2017 berisi Sampul, SK TIM Pengelolah BOS atau panitia penyusunan RKAS BOS, Rencana penggunaan Dana BOS dan Pengesahan.


EmoticonEmoticon