Monday, July 24, 2017

Passing Grade Uji Kompetensi Guru (UKG) 2017 Adalah 70

Uji Kompetensi Guru (UKG) akan diselenggarakan lagi di pertengahan tahun 2017. Uji Kompetensi Guru ini dapat di ikuti oleh guru yang pernah mengikuti UKG dan yang akan baru petama kali mengikutinya. Syarat utama mengikut UKG 2017 adalah terdaftar di dapodik dan SIM PKB melalui komunitas MGMP untuk guru mata pelajaran dan MGBK untuk guru BK.

UKG pertama kali diselenggarakan tahun 2014 yang lalu dengan passing grade 47, hingga saat ini tahun 2017 berarti pemerintah akan melaksanakan UKG yang ke 4 kalinya. UKG dilaksanakan untuk mengukur kompetensi guru sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Mendapatkan nilai UKG diatas passing grade wajib hukumnya, nantinya guru yang dapat nilai bagus akan mendapatkan reward dari pemerintah. Pengalaman dari tahun lalu hasil nilau UKG dijadikan prioritas sertifikasi guru lewat jalur PLPG bagi yang belum memiliki setifikat pendidik, mungkin tahun 2017 juga sama.

Dari beberapa sumber yang cukup terpercaya passing grade UKG tahun 2017 adalah 70. Jadi untuk mendapatkan nilai tersebut rekan guru harus belajar dari sekarang supaya hasilnya memuaskan. Yang pasti tiap tahun nilai passing grade UKG akan naik.

Passing grade adalah nilai minimal yang harus diraih dari sebuah pengerjaan tes, dalam hal ini adalah Uji Kompetensi Guru. Jadi rekan guru harus siap menerima segala kondisi dengan apa yang terjadi, karena beberapa berita juga membuat isu yang mengatakan bahwa kelulusan UKG sebagai dasar kelayakan penerimaan Tunjangan Profesi Guru.

Apapun syarat dan konsekuaensinya, pemerintah merancang ini sebagai peningkatan mutu dan penjaminan kualitas lulusan pada setiap jenjang sekolah yang ada di Indonesia. Karena hal tentang Passing Grade juga sangat didukung oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) bahwasannya ini bertujuan untuk penjaminan mutu guru yang sudah mendapatkan sertifikat profesi.

Passing Grade Uji Kompetensi Guru (UKG) 2017 Adalah 70
Sumber: maribelajarbk.web.id

Nilai Passing Grade UKG dari tahun ke Tahun:
1. Tahun 2014 Passing Grade UKG = 47
2. Tahun 2015 Passing Grade UKG = 55
3. Tahun 2016 Passing Grade UKG = 60
4. Tahun 2017 Passing Grade UKG = 70
5. Tahun 2018 Passing Grade UKG = 75
6. Tahun 2019 Passing Grade UKG = 80

Rekan guru dapat mendownload kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) pada link di bawah ini sebagai persiapan menghadapi UKG yang sesungguhnya. Bila artikel ini bermanfaat silahkan share/ bagikan ke sesama rekan guru lainnya.


EmoticonEmoticon