Friday, September 29, 2017

Juknis Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017

Sebentar lagi menginjak tanggal 30 September yang mengingatkan kita akan peristiwa kelam Pemberontakan G30S/PKI. Pada malam 30 September terjadi penculilan 7 Jenderal oleh pihak komunis yang dipimpin letkol Untung.

Setiap tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa. Untuk itu Mentei Sekretaris Negara merilis Juknis/ Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017.

 Juknis Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017
G30S/PKI merupakan singkatan dari Gerakan 30 September/ PKI. Orang zaman dulu menyebutnya Gestapu. Terjadi pro dan kontra mengenai kebenaran pemberontakan PKI, ada yang mengatakan murni perebutan kekuasaan oleh PKI dan ada pula keterlibatan pemimpin masa orde baru Bpk. Soeharto dalan PKI.

Setelah sekian lama film PKI tidak diputar paca reformasi 98, kini presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo memperbolehkan memutar film tersebut. Harapannya sebagai edukasi atas pembenaran pemberontakan PKI dari berbagai macam sudut pandang.

Bila rekan guru membutuhkan Juknis Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 silahkan download pada link berikut ini.

Download Juknis Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017

Download SE Pedoman Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017


EmoticonEmoticon