13.1.18

Pemprov Jatim Membuka Seleksi CPNS Agustus 2018

Dikutip dari Surabaya, Tribunnews - Pelaksanaan seleksi CPNS oleh Pemprov Jatim akan digelar paling cepat Agustus 2018. "Kami perkirakan Agustus akan dibuka pendaftaran CPNS. Tidak hanya di lingkungan Pemprov Jatim. Seluruh daerah juga membuka pendaftaran di bulan itu," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampirwanto, Selasa (9/1/2018).

Meski demikian, Benny belum bisa memastikan kapan persisnya hari dan tanggal dimulainya. "Kami masih menunggu petunjuk teknisnya dari Kemenpan, Bagaimana syarat dan ketentuannya. Mohon bersabar," kata Benny.

Benny meminta masyarakat yang hendak ikut seleksi CPNS bisa menyiapkan diri secara maksimal. Tidak hanya materi ujian, tapi kesiapan mental juga diperlukan Pemprov Jatim memastikan bahwa 2018 ini dipastikan akan membuka lowongan CPNS. Selama ini, Pemda ini telah menaati moratorium rekrutmen CPNS. Beberapa tahun ini tak ada lowongan CPNS untuk daerah di Jatim.

Sekdaprov Jatim Ahmad Sukardi menyebutkan bahwa kebutuhan CPNS di lingkungan Pemprov Jatim saat ini sekitar 10.000-an tenaga. Total PNS di kantor Pemprov Jatim sebanyak 19.000- an orang. Idealnya harus ada 30.000 PNS untuk 38 kota dan kabupaten di Jatim.

Jumlah itu belum termasuk jumlah kebutuhan guru. Saat ini total guru di Jatim yang PNS sebanyak 35.000. Tahun depan, kebutuhan guru juga meningkat. "Setiap tahun ada paling sedikit 60 PNS yang pensiun. Mereka harus diisi kembali tenaga yang lebih terampil dan fresh. Selain tuntutan era dan kebutuhan," kata Sukardi.

Pemprov Jatim sendiri sudah merencanakan mengajukan formasi dan kebutuhan PNS untuk 2018. Selain IT dan akuntansi keuangan, tenaga medis dan dokter hingga tenaga di bidang lain juga bakal dibuka formasinya.

"Kebutuhan ideal PNS baru dari semua bidang di kami adalah 5.000. Tentu tak bisa kebutuhan ini dipenuhi sekaligus. Pasti bertahap," kata Sukardi. Sekdaprov ini memprediksi bahwa tahun depan Jatim akan mendapat formasi CPNS sekitar 300. Terus bertambah formasinya di tahun-tahun berikutnya.

Saat ini, Pemprov belum menganggarkan untuk rekrutmen CPNS 2018. Namun anggaran itu akan menyusul di APBD perubahan. Termasuk sistem rekrutmen juga tengah disiapkan. Kepala BKD Provinsi Jatim Siswo Heroetoto menyebutkan bahwa sarat pelaksanaan tes CPNS nanti adalah dengan sistem CAT (Computer Assisted Tes). "Berbasis komputer. Kami jamin, kita siap dengan sistem ini," kata Siswo.

Baca: CPNS 2018 Segera Dibuka, Buktinya Surat Kebutuhan PNS Telah Dikeluarkan Menpan-RB

Jika instalasi dan komputer kurang bisa bekerja sama dengan pihak lain atau ke BKN langsung. Siswo berharap Jatim mendapat kuota maksimal. Apalagi diakui bahwa Pemprov Jatim membutuhkan tenaga aparatur sipil negara (ASN) yang banyak.

Selain itu, untuk menggelar rekrutmen CPNS adalah kesiapak anggaran untuk menggaji CPNS setelah diterima. Ini harus disiapkan dan mencukupi. Kebetulan Pemprov Jatim diakui sudah menyiapkan anggaran itu. "Kita tunggu saja petunjuk teknisnya nanti bagaimana. Termasuk jadwal pembukaan rekrutmen di bulan apa, semua menunggu keputusan pusat," kata Siswo.

Pemprov Jatim Membuka Seleksi CPNS Agustus 2018 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Portal Guru

0 komentar:

Post a Comment